PEDOMAN PEMBELAJARAN TK PAUD RA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
PEDOMAN PEMBELAJARAN TK PAUD RA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK - Ayah bunda Pembaca Setia PAUD, Artikel yang anda baca kali ini Membahas PEDOMAN PEMBELAJARAN TK PAUD RA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK, dimana kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi yang terdapat didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel PAUD, yang kami tulis ini dapat bermanfaat bagi anda. baiklah, selamat membaca
Dapatkan juga :
Kurikulum dipandang sebagai jantungnya sebuah program pendidikan. Kurikulum dapat dipandang sebagai strategi dan cara yang dirancang untuk mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan secara nasional. Kurikulum 2013 sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pada dasarnya penguatan terhadap kurikulum sebelumnya dan pengembangan pada aspek struktur kurikulum, proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan penilaian yang bersifat otentik.
PEDOMAN PEMBELAJARAN TK PAUD RA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Kegiatan pembelajaran pada PAUD merupakan sarana untuk membantu anak mencapai kemampuan optimal sesuai potensi yang dimiliki. Pembelajaran yang diberikan kepada anak sebagai upaya untuk memberikan stimulasi optimal yang dapat mengembangkan potensi kecerdasan anak.Pembelajaran dilaksanakan melalui pendekatan saintifik dalam proses bermain. Oleh karena itu penyelenggaraan pembelajaran disajikan dalam suasana menyenangkan sehingga menarik minat anak.Dapatkan juga :
CARA MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN PAUD
PEDOMAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK |
Kurikulum dipandang sebagai jantungnya sebuah program pendidikan. Kurikulum dapat dipandang sebagai strategi dan cara yang dirancang untuk mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan secara nasional. Kurikulum 2013 sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pada dasarnya penguatan terhadap kurikulum sebelumnya dan pengembangan pada aspek struktur kurikulum, proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan penilaian yang bersifat otentik.
Tujuan
- Memberikan petunjuk kepada guru untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran.
- Memberikan petunjuk kepada penyelenggara satuan pendidikan dalam mengelola satuan PAUD berdasarkan kurikulum sesuai prinsip-prisip pembelajaran anak.
- Memberikan petunjuk kepada penyelenggara satuan pendidikan dalam mewujudkan proses pembelajaran sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan minat serta karakteristik peserta didik.
- Anak belajar secara bertahap.
- Cara berpikir anak bersifat khas.
- Anak-anak belajar dengan berbagai cara.
- Anak belajar satu sama lain dalam lingkungan sosial.
- Anak belajar melalui bermain.
Prinsip-prinsip pembelajaran PAUD
- Bermain Sambil Belajar atau Belajar Seraya Bermain
- Berorientasi pada Kebutuhan Anak
- Stimulasi Terpadu
- Berorientasi pada Perkembangan Anak
- Lingkungan Kondusif
- Menggunakan Pendekatan Tematik
- Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM)
- Menggunakan Berbagai Media dan Sumber Belajar
- Mengamati (Observing)
- Menanya (Questioning)
- Mengumpulkan (Colecting)
- Mengasosiasi (Associating)
- Mengkomunikasikan (Communicating)
Untuk lebih jelasnya mengenai PEDOMAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK, serta menerapkannya dalam pembelajaran di TK, PAUD, RA yang ayah bunda kelola, silahkan ayah bunda download File Pedoman Pembelajaran dengan pendekatan saintifik berikut ini :
DOWNLOAD LINK :